--> Skip to main content

Di mana tempat baca Light Novel gratis? Panduan Lengkap Langkah-demi-Langkah [2023]

By: Johan Supriyanto, S.Kom. - Juni 25, 2023

Jika kamu suka manga, kemungkinan besar kamu juga akan menyukai light novel.

Ekspor Jepang yang menghibur ini sedang mengalami lonjakan popularitas yang besar saat ini, yang berarti semakin banyak judul asli yang diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris untuk pembaca di seluruh dunia.

Di mana tempat baca Light Novel gratis

Meskipun tidak ada yang bisa mengalahkan salinan fisik, light novel bisa mahal untuk dimiliki, seperti halnya buku-buku lainnya. Dan jika kamu adalah pembaca yang rajin, kecanduan light novelmu bisa segera membuat dompetmu kosong.

Tapi jangan khawatir, ada banyak tempat di internet di mana kamu bisa membaca versi digital light novel, dan yang terbaik adalah, banyak di antaranya sepenuhnya gratis!

Di Mana Saya Bisa Membaca Light Novel Secara Gratis?

Dalam posting ini, saya akan memberikan daftar enam situs terbaik di mana kamu bisa membaca light novel dalam bahasa Inggris tanpa membayar sepeser pun.

Tapi pertama, bagi yang belum mengenalnya, mari kita lihat dengan cepat apa itu light novel.

Apa Itu Light Novel?

Light novel adalah sensasi Jepang yang pertama kali muncul pada tahun 1990-an. Namun sejak itu, beberapa negara Asia lainnya, termasuk Tiongkok dan Korea, juga ikut tergila-gila dengan fenomena ini.

Buku-buku ini memiliki ilustrasi gaya yang sama dengan manga, tetapi tidak seperti manga, light novel hampir secara eksklusif ditujukan untuk khalayak muda dan dewasa.

Dalam dua dekade terakhir, cerita populer ini menjadi populer di kalangan remaja Jepang. Alur cerita yang menarik dan penceritaan yang mengalir membuat pembaca muda terpikat dan terus terjebak, dan ilustrasi yang menarik hanya menambah daya tariknya.

Light novel biasanya memiliki setidaknya 50.000 kata, dan tidak seperti manga, sebagian besar dari mereka awalnya diterbitkan sebagai satu buku utuh daripada diserialkan dalam majalah bulanan (walaupun ada beberapa pengecualian).

Secara keseluruhan, mereka tidak terlalu berbeda dengan novel remaja berbahasa Inggris pada umumnya, tetapi perbedaan kunci adalah bahwa light novel menampilkan ilustrasi gaya manga klasik yang telah menjadi ikon Jepang.

6 Siitus Terbaik untuk Membaca Light Novel secara gratis!

Kecanduan light novelmu tidak perlu menguras kantongmu! Berikut adalah enam tempat di mana kamu bisa membacanya dalam bahasa Inggris secara gratis.

1. Novel Archive

Novel Archive adalah salah satu situs paling populer di internet untuk menemukan light novel gratis, terutama bagi pembaca berbahasa Inggris.

Dan tidak seperti beberapa situs yang kurang canggih di luar sana, terjemahan bahasa Inggris di sini sangat lancar. Selain itu, jika kamu menguasai beberapa bahasa, tersedia juga beberapa bahasa lain.

Ada perpustakaan besar dengan judul-judul terkenal yang bisa kamu jelajahi, mulai dari klasik tahun 90-an hingga rilisan terbaru. Bahkan, jika kamu mencari publikasi baru, Novel Archive harus menjadi pilihan pertamamu, karena mereka mengupdate katalog mereka dengan rilisan terbaru setiap hari.

Novel Archive juga mendapatkan poin bonus karena antarmuka pengguna yang ramah. Kamu bisa mencari berdasarkan judul atau tag deskripsi, menjelajahi rilisan terbaru, atau jika kamu tidak yakin ingin membaca apa berikutnya, pilih dari 100 light novel paling populer mingguan.

Selain itu, membaca sama praktisnya dengan menjelajahi. Kamu bisa mengubah gaya dan ukuran font, dan jika kamu penggemar multitasking, tinggalkan ponselmu sejenak dan dengarkan setiap judul dengan menekan tab audio.

2. WuxiaWorld

Komunitas WuxiaWorld belum lama hadir, tetapi mereka sudah memiliki basis pembaca yang besar berkat perpustakaan light novelnya yang luas.

Misi komunitas ini adalah membawa judul fiksi paling populer ke dunia Barat dan membuat cerita-cerita ini dapat diakses oleh semua orang.

Tetapi berbeda dengan banyak situs di daftar ini, WuxiaWorld fokus pada light novel Tiongkok dan Korea, jadi jika kamu belum pernah mencoba cerita-cerita Asia lain di luar Jepang, ini adalah tempat yang bagus untuk memulainya.

Website ini menawarkan perpustakaan terbesar di dunia untuk terjemahan Tiongkok-Inggris, tetapi bukan hanya tentang kuantitas; WuxiaWorld juga bangga dengan kualitas terjemahannya, jadi kamu bisa mengharapkan pengalaman membaca yang lancar, apa pun judul yang kamu pilih.

Antarmuka pengguna sangat rapi dan intuitif, memudahkanmu menemukan apa yang kamu cari dan menyenangkan untuk menjelajah.

Namun, jika kamu tidak memiliki judul tertentu dalam pikiran, kamu akan menemukan banyak inspirasi untuk membaca selanjutnya. Kamu bisa mencari katalog berdasarkan genre dan bahasa, dan bahkan menyaring hasil berdasarkan status, misalnya, karya yang sedang berlangsung dengan chapter yang belum diterbitkan atau cerita yang sudah selesai.

3. Armaell's Library

Armaell's Library adalah situs lain yang relatif baru, tetapi sudah mengumpulkan koleksi light novel gratis yang luas yang bisa kamu baca secara online atau unduh ke perangkatmu untuk dinikmati di kemudian hari.

Jadi, jika kamu lebih suka menggunakan e-reader, Armaell's adalah pilihan yang bagus. Sebagian besar judul yang ditawarkan hadir dalam berbagai format file, termasuk EPUB, Mobi, atau PDF, jadi selalu ada sesuatu yang kompatibel dengan perangkatmu.

Website itu sendiri mudah dinavigasi, dan fitur pencarian memungkinkan kamu mengetik nama pengarang atau judul buku untuk dengan cepat menemukan apa yang kamu cari.

Tetapi jika kamu membutuhkan sedikit inspirasi, kamu juga akan menemukan rekomendasi yang bagus berdasarkan pilihan sebelumnya. Untuk setiap novel yang kamu unduh, mereka akan merekomendasikan tiga judul terkait lainnya yang mungkin juga kamu nikmati, menghilangkan kebingungan tentang apa yang harus dibaca selanjutnya.

Bonus lainnya adalah deskripsi yang sangat detail dan sinopsis alur cerita, yang memberikan gambaran yang baik tentang apa yang setiap cerita itu tentang sebelum kamu memutuskan untuk membaca.

Namun, perlu diingat bahwa kamu tidak akan menemukan terjemahan resmi di sini. Sebaliknya, semua judulnya entah itu terjemahan fan dari light novel terkenal atau cerita asli dari penulis online.

Jadi, sementara ada opsi yang lebih baik di luar sana untuk light novel resmi dan mainstream, Armaell's Library sempurna jika kamu mencari bakat yang belum ditemukan atau jika kamu tidak dapat menemukan judul yang ada dalam bahasa Inggris di tempat lain.

Mungkin kamu tertarik untuk: baca novel htl

4. Novel Updates

Novel Updates berbeda dari situs web lain dalam daftar ini karena bukan penyedia langsung light novel. Sebaliknya, situs ini menawarkan direktori yang luas dari judul-judul favoritmu dengan tautan ke situs lain di mana kamu bisa membacanya secara online atau mengunduhnya untuk dinikmati di kemudian hari.

Jika kamu adalah pembaca yang rajin, sangat layak untuk mendaftar (gratis!) dan mengunduh aplikasinya, karena itu memungkinkan kamu untuk menandai judul favoritmu dan melacak daftar bacaan pribadimu, sehingga kamu bisa mengatur petualangan light novelmu dalam satu tempat.

Website ini memungkinkanmu menjelajahi berdasarkan serial, peringkat, dan tanggal rilis, dan jika kamu tidak tahu apa yang harus dibaca selanjutnya, fungsi pencarian 'novel acak' bisa memutuskan untukmu.

Selain itu, ada forum penggemar khusus di mana pembaca dapat berbagi pemikiran, pertanyaan, dan pendapat serta saling bersatu dalam cinta mereka terhadap light novel dan fiksi Asia lainnya.

5. Baka-Tsuki

Baka-Tsuki adalah salah satu komunitas light novel tertua dan paling terkenal di internet untuk pembaca berbahasa Inggris dan bahkan Indonesia.

Sampai saat ini, Baka-Tsuki masih menjadi salah satu perpustakaan terbesar untuk terjemahan light novel, dan katalognya diperbarui dengan penawaran baru setiap hari.

Tersedia banyak judul dari Jepang, termasuk klasik terkenal dan rilisan terbaru, serta karya-karya dari negara-negara Asia lainnya, sehingga ada banyak yang bisa dijelajahi. Baka-Tsuki tidak hanya menyediakan terjemahan dalam bahasa Inggris; kamu dapat membaca light novel dalam beberapa bahasa, termasuk Prancis, Spanyol, Jerman, Norwegia, dan Indonesia!

Baka-Tsuki menawarkan begitu banyak judul terkenal dan klasik secara gratis karena anggota komunitas yang melakukan semua terjemahannya. Bahkan, kamu juga dapat mengirimkan terjemahanmu sendiri jika kamu merasa mampu menghadapinya.

Setiap light novel disajikan dalam format WIKI, di mana diperbarui dan diedit oleh komunitas. Jadi, jika kamu adalah penggemar light novel yang memiliki keterampilan editorial yang dapat ditawarkan, Baka-Tsuki adalah tempat yang sempurna untuk memulai.

6. LightNovels.me

Perpustakaan LightNovels.me awalnya dimulai sebagai koleksi kecil fiksi Asia yang diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris, tetapi sekarang, itu menjadi salah satu perpustakaan light novel terbesar di internet.

Fokus utama situs web ini adalah pada judul-judul Jepang, Tiongkok, dan Korea, dengan karya-karya yang luas dari penulis terkenal maupun yang belum ditemukan.

Fungsi pencarian sederhana, intuitif, dan mudah dinavigasi. Pilih antara 'hot novels' yang sedang tren dalam satu hari, satu minggu, atau satu bulan terakhir, jelajahi daftar bacaan yang direkomendasikan, atau jika kamu mencari sesuatu yang spesifik, cukup ketik nama pengarang atau judul buku ke dalam kotak pencarian dan lihat apa yang muncul.

Selain itu, kamu juga dapat menjelajahi bagian ulasan penggemar yang terperinci, yang mirip dengan Goodreads untuk light novel.

Kesimpulan

Jika kamu menyukai light novel, kamu pasti akan menyukai situs dalam daftar ini di mana kamu dapat menemukan semua bacaan favoritmu secara gratis.

Tentu saja, internet sangat luas, dan dengan terus meningkatnya popularitas light novel di seluruh dunia, situs-situs baru terus bermunculan.

Jadi, jika kamu mengetahui sumber daya online lain yang bagus yang belum saya sebutkan, saya akan senang mendengarnya. Beri komentar di bawah ini!

Buka Komentar
Tutup Komentar