--> Skip to main content

Cara Mempercepat Performa Laptop Windows 11

By: Johan Supriyanto, S.Kom. - Juli 26, 2024

Mengetahui cara mempercepat performa laptop windows 11 adalah hal yang sangat penting. Kinerja yang lambat akan menghambat produktivitas Anda dalam menyelesaikan tugas sehari-hari.

Cara Mempercepat Performa Laptop Windows 11

Laptop tetap menjadi alat yang penting untuk menyelesaikan tugas-tugas di kantor maupun sekolah. Namun, seiring berjalannya waktu, kinerjanya bisa menjadi kurang optimal. Maka dari itulah pada pembahasan kali ini akan kami bagikan cara mempercepat atau meningkatkan performanya.

Cara Meningkatkan Performa Windows 11

Berikut ini adalah beberapa cara meningkatkan performa laptop windows 11 yang dapat anda lakukan:

1. Menonaktifkan Program Startup

Salah satu cara untuk mempercepat Windows 11 adalah dengan menonaktifkan program startup. Biasanya, komputer desktop dan laptop memiliki program startup pra-instal yang berjalan secara penuh.

Terlalu banyak aplikasi dapat mempengaruhi kecepatan sistem operasi Windows 11 Anda. Maka dari itulah untuk meningkatkan performa, disarankan untuk menghapus aplikasi yang tidak pernah digunakan.

2. Nonaktifkan Search Indexing

Salah satu keunggulan Windows 11 sebagai upgrade dari versi sebelumnya adalah adanya fungsi indexing yang dapat meningkatkan kinerja sistem secara keseluruhan.

Fitur indexing dapat membantu pencarian file di komputer dengan cepat, namun hal tersebut juga dapat memperlambat kinerja operasional laptop. Untuk meningkatkan kecepatan Windows 11 secara maksimal, disarankan untuk menonaktifkan fitur index.

3. Menghentikan OneDrive dari Sinkronisasi

OneDrive berfungsi memastikan file yang terdapat pada sistem selalu diperbarui dan disinkronkan dengan sempurna. Penggunaan OneDrive di laptop atau komputer dapt menyebabkan sinkronisasi file terus berjalan secara konstan. Meskipun hal ini penting untuk menjaga kelancaran operasi, namun dapat mengurangi kecepatan komputer.

4. Menonaktifkan Tips dan Trik Windows

Bagi pengguna, tips seringkali dapat mengganggu daripada menguntungkan baik dalam jangka waktu pendek maupun panjang. Apabila Anda mulai merasakan adanya penurunan kecepatan sistem, sebaiknya Anda mempertimbangkan untuk menonaktifkannya.

Agar lebih cepat, Windows 11 dapat dioptimalkan dengan menonaktifkan tips dan trik. Caranya dengan mengklik tombol Startup dan pilih ikon pengaturan. Selanjutnya, buka notifikasi sistem. Gulir ke bawah untuk menonaktifkan tombol Dapatkan tips dan saran.

5. Menjalankan Pembersih Disk

Jika hard disk terlalu penuh dengan file, maka hal tersebut dapat berdampak negatif pada kinerja laptop Windows 11. Salah satu cara terbaik yang dapat anda lakukan untuk menjaga agar kinerja laptop tetap berjalan lancar adalah dengan menghapus file-file lama yang sudah tidak terpakai.

Jangan biarkan file sampah di laptop anda menumpuk karena dapat mengganggu kinerja sistem pada laptop Anda. Untuk membersihkan disk dengan sukses, silakan akses Storage Sense di sistem Anda untuk melihat prosedur pembersihan sistem.

Itulah penjelasan singkat tentang cara mempercepat performa laptop windows 11, semoga dapat bermanfaat khususnya bagi pengguna laptop Windows 11. Selamat mencoba.

Buka Komentar
Tutup Komentar