--> Skip to main content

Cara Install Golang pada Komputer Windows, Macbook dan Linux

By: Johan Supriyanto, S.Kom. - September 11, 2024

Golang, atau Bahasa Pemrograman Go, saat ini sangat populer di kalangan programmer, terutama bagi mereka yang berprofesi sebagai Backend Developer, Software Engineer, dan FullStack Developer. Proses belajar Golang tergolong mudah karena sintaksnya yang sederhana, membuatnya lebih mudah dipahami dan diterapkan. Dibandingkan dengan bahasa pemrograman lain, Golang menawarkan kemudahan dalam memahami kode yang ditulis. Ditambah lagi saat ini sudah banyak Tutorial Golang Gratis yang dibagikan di internet.

Cara Install Golang pada Komputer Windows, Macbook dan Linux

Sebelum mempelajari lebih lanjut tentang golang kita perlu menginstall dulu galang pada komputer kita. Nah, pada kesempatan kali ini kami akan membagikan tentang Cara installasi Golang pada Komputer Windows, Macbook dan Linux. Seperti apakah caranya simak penjelasan berikut ini.

Cara Install Golang pada Komputer

Terleih dahulu, Anda Download golang library yang terdapat pada website Golang.

Install Golang di Komputer Windows

Untuk Anda pengguna komputer Windows cara menginstall Golang adalah sebagai berikut ini:

  • Pilihlah package dan download sesuai versi Windows yang Anda gunakan.
  • Setelah melakukan download file yang berekstensi .exe, Anda lakukan installasi seperti melakukan instalasi aplikasi pada umumnya. File biasanya akan tersimpan pada folder Program File atau Program File (x86).
  • Bukalah terminal atau cmd.

Install Golang di Komputer MAC

Bagi Anda pengguna komputer Mac, cara untuk menginstall golang adalah sebagai berikut:

  • Silakan pilih package yang sesuai lalu download berdasarkan dukungan MacOS. Apabila Anda menggunakan Macbook M1, disarankan untuk menginstal versi ARM64.
  • Setelah file yang berekstensi .dmg didownload, lakukan instalasi sebagaimana biasanya saat menginstal aplikasi. Setelah instalasi selesai, biasanya path golang akan disimpan di direktori /usr/local/go
  • Apabila diperlukan, Anda dapat mengetik perintah berikut untuk mengkonfigurasi environment local: export PATH=$PATH:/usr/local/go/bin

Install Golang di Komputer Linux

Jika Anda adalah pengguna komputer Linux, untuk menginstall Golang caranya adalah sebagai berikut:

  • Silakan pilih package lalu download sesuai dengan versi Linux yang kompatibel.
  • Silakan lakukan perintah ini: rm -rf /usr/local/go && tar -C /usr/local -xzf go{version-go}.linux-amd64.tar.gz
  • Pastikan bahwa path environment telah diatur supaya go library dapat berfungsi dengan baik pada sistem operasi. Hal ini dapat dilakukan dengan menggunakan perintah ini: export PATH=$PATH:/usr/local/go/bin

Verifikasi

Setelah menyelesaikan instalasi yang dijelaskan di atas, kita dapat melakukan pengecekan untuk memastikan apakah Golang sudah terinstal di komputer kita dengan langkah-langkah berikut:

  • Bukalah terminal
  • Kemudian ketikkan perintah go version, maka apabila telah berhasil terinstall akan muncul informasi seperti: go version go1.17.5 darwin/arm64
  • Atau apabila Anda mengetahui lebih banyak tentang sintaks yang lebih spesifik, Anda dapat memanfaatkan go help.

Itulah penjelasan tentang cara menginstall Golang pada komputer Windows, Macbook dan Linux. Semoga penjelasan di atas dapat bermanfaat.

Buka Komentar
Tutup Komentar